Apa Perbedaan Single Origin dan House Blend? Buat kamu yang sedang mencari content mengenai perbedaan dari kedua jenis varian kopi tersebut wajib baca lengkap artikel ini.

Perlu Teman Delta ketahui, untuk membuat sebuah kopi yang nikmat tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan biji kopi asli bukan instan
  2. Penggunaan grind size kopi yang sesuai dengan metode brewing yang digunakan
  3. Pemilihan jenis atau varian kopi yang tepat

Pemilihan jenis kopi atau varian kopi yang tepat tentunya harus diperhatikan untuk mendapatkan kopi nikmat yang sesuai dengan keinginan.

Mengenal Single Origin dan House Blend

Apa yang membedakan single origin dan house blend? Apa perbedaannya? Yuk kenali kedua jenis kopi berikut ini.

Single Origin Coffee adalah

Perbedaan Single Origin dan House Blend Coffee sumber Unsplash
Perbedaan Single Origin dan House Blend Coffee sumber Unsplash

Single origin coffee adalah jenis kopi yang berasal dari satu wilayah atau lokasi tertentu, biasanya dari satu petani atau satu kebun kopi. Kopi single origin ini memiliki karakteristik rasa yang khas dan unik, tergantung pada wilayah dan kondisi tumbuhnya. Misalnya, kopi arabika dari Ethiopia memiliki rasa yang berbeda dari kopi arabika dari Amerika Selatan.

Single origin coffee biasanya dianggap memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Hal ini karena kopi single origin ini memiliki proses pengolahan yang lebih terkontrol dan kualitas biji kopi yang lebih terjaga. Selain itu, kopi single origin juga sering dipetik secara manual, dibudidayakan secara organik, dan diolah dengan cara tradisional, sehingga kualitasnya lebih terjaga.

Kopi single origin ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada kopi biasa atau kopi campuran, karena berasal dari satu wilayah atau petani tertentu yang memiliki karakteristik rasa yang unik. Kopi single origin juga sering dijual dalam bentuk biji kopi utuh, dan dapat digiling sesuai dengan preferensi rasa orang yang meminumnya.

Kopi single origin biasanya disukai oleh para pencinta kopi yang ingin mengeksplorasi berbagai macam rasa kopi yang khas dan unik dari berbagai wilayah di seluruh dunia. Selain itu, kopi single origin juga sering dijadikan pilihan untuk acara-acara khusus atau sebagai hadiah karena keunikan rasa dan kualitasnya.

House Blend Coffee adalah

Peran Produsen Kopi di Dunia Perkopian
Peran Produsen Kopi di Dunia Perkopian

House blend adalah jenis kopi yang terbuat dari campuran beberapa jenis biji kopi yang berasal dari berbagai wilayah atau petani yang berbeda. Campuran ini diracik oleh pihak roaster atau penyangrai kopi untuk menciptakan rasa yang seimbang dan konsisten dari waktu ke waktu.

Campuran biji kopi dalam house blend biasanya dibuat dengan tujuan untuk menciptakan rasa yang unik dan terbaik dari masing-masing biji kopi. Misalnya, biji kopi dari Amerika Selatan biasanya memiliki rasa cokelat dan kacang-kacangan, sementara biji kopi dari Afrika Timur memiliki rasa buah-buahan yang lebih tajam. Dengan mencampurkan biji kopi dari berbagai wilayah, maka rasa kopi house blend menjadi lebih seimbang dan dapat menyesuaikan preferensi rasa orang yang berbeda.

House blend biasanya dianggap sebagai kopi yang lebih terjangkau daripada single origin coffee, karena terbuat dari campuran beberapa jenis biji kopi yang tidak memiliki karakteristik rasa yang sangat khas. Namun, hal ini tidak berarti bahwa house blend memiliki kualitas yang rendah. Sebaliknya, house blend sering dianggap sebagai pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin menikmati kopi dengan rasa yang seimbang dan konsisten dari waktu ke waktu.

Baca juga: 

Kopi house blend biasanya disukai oleh orang-orang yang menginginkan kopi dengan rasa yang konsisten dan tidak terlalu “berat” di lidah. Selain itu, house blend juga biasanya dijadikan pilihan untuk acara-acara besar atau sebagai kopi sehari-hari di kafe atau restoran karena ketersediaannya yang mudah dan harganya yang lebih terjangkau.

Gak heran banyak orang bahkan sekelas coffee shop memiliki house blend khas mereka masing-masing.

4 Perbedaan Single Origin dan House Blend Coffee

4 Perbedaan Kopi Single Origin dan House Blend Coffee
4 Perbedaan Kopi Single Origin dan House Blend Coffee

Single origin coffee dan house blend coffee adalah dua jenis kopi yang berbeda dalam hal asal-usul dan karakteristik rasa. Berikut ini adalah perbedaan antara single origin coffee dan house blend coffee:

#1. Perbedaan Single Origin dan House Blend dari Asal-usulnya

Kopi Single origin coffee berasal dari satu lokasi atau wilayah kopi tertentu, biasanya dari satu petani atau satu kebun kopi. Sedangkan house blend coffee adalah campuran dari beberapa jenis biji kopi yang berasal dari berbagai lokasi atau wilayah.

#2. Perbedaan Single Origin dan House Blend dari Karakteristik rasa

Kopi single origin memiliki karakteristik rasa yang khas dan unik tergantung dari wilayah dan kondisi tumbuhnya. Misalnya, kopi arabika dari Ethiopia memiliki rasa yang berbeda dari kopi arabika dari Amerika Selatan. Sedangkan house blend coffee memiliki rasa yang lebih kompleks dan tercampur dari beberapa jenis biji kopi, sehingga memiliki rasa yang lebih seimbang dan dapat menyesuaikan preferensi rasa orang yang berbeda.

#3. Perbedaan Single Origin dan House Blend dari Stabilitas rasa

Kopi single origin memiliki stabilitas rasa yang lebih rendah, karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti iklim dan musim panen. Rasa kopi single origin juga dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada kualitas panen dan kondisi tumbuhnya. Sedangkan house blend coffee memiliki stabilitas rasa yang lebih tinggi, karena dapat mencampur beberapa jenis biji kopi untuk menciptakan rasa yang sama dari waktu ke waktu.

#4. Perbedaan Single Origin dan House Blend dari Harga

Kopi single origin biasanya lebih mahal daripada house blend coffee, karena berasal dari satu lokasi atau wilayah tertentu yang memiliki karakteristik rasa yang unik. Sedangkan house blend coffee lebih terjangkau, karena terbuat dari beberapa jenis biji kopi yang biasanya tidak memiliki karakteristik rasa yang sangat khas.

Penutup

Kesimpulannya, single origin coffee dan house blend coffee memiliki perbedaan dalam asal-usul kopi, karakteristik rasa, stabilitas rasa, dan harga. Pilihan antara kedua jenis kopi ini tergantung pada preferensi pribadi dan selera rasa yang diinginkan.

Dapatkan Kedua Jenis Kopi Di Delta Coffee Roaster

Delta Coffee Roaster sebagai produsen kopi punya komitmen untuk menciptakan produk yang berkualitas dan punya mutu yang baik sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penikmat kopi. Setidaknya Kami telah menghadirkan produk berkualitas dan aman yang cocok untuk berbagai kalangan penikmat kopi. Kami menyediakan lebih dari 30 varian kopi yang siap dikonsumsi dengan harga terjangkau. Mulai dari single origin coffee dari Aceh hingga Papua, maupun House Blend coffee.

Sebagai produsen kopi yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), tentunya kami punya standard produksi berskala nasional yang perlu untuk dipatuhi. Sehingga mulai dari kandungan yang terdapat di produk kopi, hingga kemasan produk perlu diperhatikan dan diawasi oleh BPOM.

Untuk mendapatkan sertifikasi BPOM setiap produknya pun tidak semudah UMKM yang membuat produk. Karena kami perlu membawa produk kami di laboratorium untuk mendapatkan hasil dan kandungan yang terdapat di produk kami satu per satu. Dari situlah, BPOM akan mengecek kembali produk yang akan di daftarkan untuk mendapatkan sertifikasi.

Baca juga: Produsen Kopi Terlengkap Di Indonesia

Dari situ tentunya, produsen kopi disetiap peluncuran produk barunya harus sesuai dengan standard pangan dari BPOM. Tidak mudah memang membuat sebuah produk sesuai standard BPOM dan tidak bisa sembarangan dalam merilis produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select an available coupon below
Website ini telah menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman Anda.