Aeropress vs French Press : Mana yang Lebih Baik? Nah kali ini Delta Coffee Roaster akan membagikan informasi dan perbandingan dari kedua alat manual brewer. Kedua alat ini punya cara penggunaan yang hampir sama, yakni dengan diberikan tekanan. Namun tentunya dengan bentuk dan karakter alat yang berbeda akan menghasilkan (output) kopi yang berbeda.

Jika Anda seorang pecinta kopi, Anda mungkin pernah mendengar tentang dua metode penyeduhan kopi populer, yaitu Aeropress vs French Press. Kedua metode ini memiliki cara penyeduhan yang berbeda dan menghasilkan cangkir kopi yang berbeda pula.

Aeropress vs French Press

Namun, mana yang lebih baik antara Aeropress dan French Press? Mari kita bandingkan kedua metode penyeduhan ini untuk membantu Anda memilih yang tepat.

Informasi Seputar Aeropress

Apa itu Aeropress
Apa itu Aeropress, sumber: https://unsplash.com/@relentlessjpg

Aeropress adalah metode penyeduhan kopi yang relatif baru, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Alan Adler, seorang insinyur dari California. Aeropress merupakan sebuah alat penyeduhan yang terdiri dari dua tabung plastik yang dapat dipisahkan. Metode penyeduhan ini melibatkan penekanan air panas melalui kopi yang digiling halus dengan tekanan udara, kemudian disaring dengan menggunakan filter kertas.

Keuntungan dari metode penyeduhan Aeropress adalah waktu penyeduhan yang relatif singkat, hanya sekitar 1-2 menit. Selain itu, kopi yang dihasilkan dari Aeropress adalah cangkir kopi yang bersih, cerah, dan kaya akan rasa dan aroma kopi. Aeropress juga mudah dibersihkan dan sangat cocok digunakan saat bepergian.

Namun, kelemahan dari Aeropress adalah kapasitasnya yang terbatas, hanya dapat membuat satu cangkir kopi pada satu waktu. Selain itu, beberapa pecinta kopi mungkin menganggap cangkir kopi yang dihasilkan terlalu ringan atau tipis.

Informasi Seputar French Press

Apa itu French Press
Apa itu French Press, sumber: https://unsplash.com/@sxtcxtc

French Press adalah metode penyeduhan kopi yang lebih tradisional, pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19. French Press melibatkan perendaman kopi yang digiling kasar dalam air panas selama beberapa menit, kemudian disaring dengan menggunakan filter logam.

Keuntungan dari metode penyeduhan French Press adalah bahwa dapat membuat beberapa cangkir kopi sekaligus dan menghasilkan cangkir kopi yang memiliki rasa yang lebih penuh dan kompleks. Metode penyeduhan ini juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat khusus.

Namun, kelemahan dari French Press adalah waktu penyeduhan yang lebih lama, sekitar 4-5 menit. Selain itu, cangkir kopi yang dihasilkan mungkin memiliki sedimen yang terlalu banyak dan rasa kopi yang kurang bersih dan cerah. French Press juga lebih sulit untuk dibersihkan dibandingkan dengan Aeropress.

Perbandingan Aeropress vs French Press

Aeropress vs French Press
Aeropress vs French Press

Ada beberapa perbedaan antara Aeropress dan French press:

Desain Aeropress vs French Press

  • Aeropress terdiri dari dua bagian tabung plastik
  • French press terdiri dari dua bagian logam atau kaca. Aeropress juga lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa karena ukurannya yang kecil dan terbuat dari plastik.

Metode Penyeduhan Aeropress vs French Press

  • Aeropress menggunakan metode tekanan udara, di mana biji kopi dan air dicampur lalu ditekan keluar melalui filter kertas.
  • French press menggunakan metode perendaman, di mana biji kopi dicampur dengan air selama beberapa menit, kemudian disaring menggunakan filter logam.

Tekstur dan Rasa Aeropress vs French Press

  • Hasil penyeduhan Aeropress cenderung memiliki tekstur dan rasa yang lebih ringan, halus, dan bersih dibandingkan dengan French press yang memiliki tekstur lebih berat, kental dan rasa yang lebih kaya dan creamy.

Waktu Penyeduhan

  • Aeropress hanya membutuhkan waktu penyeduhan selama 1-2 menit, sedangkan French press membutuhkan waktu penyeduhan selama 3-4 menit.

Kesulitan dan Kemudahan Penggunaan

  • Aeropress lebih mudah dan cepat digunakan karena hanya perlu memasukkan biji kopi, air, dan menekan piston.
  • Sedangkan French press membutuhkan sedikit lebih banyak waktu dan keterampilan untuk mengaduk dan menekan piston dengan benar, untuk menghasilkan kopi yang optimal.

Cara Pakai Aeropress vs French Press

Soal cara penggunaan, 2 alat manual brew ini punya cara yang berbeda, nah berikut adalah cara pakai dari masing-masing alat Aeropress vs French Press.

Cara Penggunaan Aeropress

Berikut adalah cara menggunakan Aeropress vs French Press.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Aeropress
  • Filter kertas Aeropress
  • Scoop (sendok takar)
  • Air panas (sekitar 80-85°C)
  • Biji kopi yang sudah digiling halus
  • Gelas atau cangkir untuk menyajikan kopi

Langkah-langkah:

  1. Pasang filter kertas pada bagian bawah tabung plastik Aeropress. Basahi filter dengan air panas untuk menghilangkan rasa kertas dan menempelkan filter pada Aeropress.
  2. Pasang tabung plastik bagian atas pada bagian bawah tabung plastik. Pastikan tabung plastik bagian atas rapat dengan tabung plastik bagian bawah.
  3. Letakkan Aeropress di atas cangkir atau gelas.
  4. Masukkan scoop biji kopi yang sudah digiling halus ke dalam tabung plastik bagian atas Aeropress. Jumlah scoop yang dibutuhkan tergantung pada tingkat kekuatan kopi yang diinginkan. Secara umum, satu scoop cukup untuk satu cangkir kopi.
  5. Tuangkan air panas ke dalam tabung plastik bagian atas Aeropress hingga penuh.
  6. Aduk biji kopi dan air dengan perlahan selama sekitar 10 detik.
  7. Pasang piston pada bagian atas tabung plastik bagian atas Aeropress.
  8. Tekan piston dengan perlahan-lahan dan kuat hingga semua air terdorong keluar dan tersisa sedikit sedimen kopi di dalam filter.
  9. Angkat Aeropress dari cangkir atau gelas.
  10. Nikmati cangkir kopi yang sudah diseduh dengan metode Aeropress.

Catatan: Setelah selesai menggunakan Aeropress, bersihkan dengan cara membuka piston dan membuang sedimen kopi dan filter kertas yang sudah digunakan. Bilas Aeropress dengan air dan biarkan kering sebelum digunakan kembali.

Cara Penggunaan French Press

Berikut adalah cara menggunakan French press yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • French press
  • Biji kopi yang sudah digiling kasar
  • Air panas (sekitar 90-95°C)
  • Sendok takar
  • Gelas atau cangkir untuk menyajikan kopi

Langkah-langkah:

  1. Panaskan air hingga mencapai suhu 90-95°C.
  2. Masukkan biji kopi yang sudah digiling kasar ke dalam French press. Sebagai panduan, gunakan 1 sendok takar (sekitar 7-8 gram) biji kopi untuk setiap 200 ml air.
  3. Tuangkan air panas ke dalam French press hingga hampir penuh. Biarkan biji kopi mengembang selama beberapa detik.
  4. Aduk perlahan dengan sendok hingga biji kopi tercampur rata dengan air.
  5. Tutup French press dengan penutup logam dan biarkan kopi diseduh selama 3-4 menit.
  6. Tekan perlahan piston di bagian atas French press ke bawah hingga sampai ke dasar.
  7. Tuangkan kopi yang sudah diseduh ke dalam cangkir atau gelas.
  8. Nikmati kopi yang sudah diseduh dengan metode French press.

Catatan: Jika ingin kopi yang lebih kuat, dapat meningkatkan jumlah biji kopi yang digunakan. Jika ingin kopi yang lebih ringan, dapat mengurangi jumlah biji kopi. Setelah selesai menggunakan French press, bersihkan dengan cara membuang sedimen kopi yang sudah digunakan dan membersihkan French press dengan air bersih.

Kesimpulan Aeropress vs French Press

Kedua metode penyeduhan kopi ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Aeropress dapat membuat cangkir kopi yang bersih dan cerah dalam waktu yang singkat, sementara French Press dapat membuat beberapa cangkir kopi sekaligus dengan rasa yang lebih penuh dan kompleks. Pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu.

Baca juga: 5 Pemanis Kopi Selain Gula, Cocok Banget Buat Kamu yang Suka Ngopi Kekinian

Menurut kami, Aeropress lebih cocok untuk mereka yang menginginkan kopi yang ringan, bersih dan mudah digunakan di mana saja. Sedangkan French press lebih cocok untuk mereka yang menginginkan kopi yang lebih kaya, berat dan memiliki waktu untuk melakukan penyeduhan yang lebih lama dan telaten.

Dapatkan Biji Kopi Berkualitas Hanya di Delta Coffee Roaster

Sebagai produsen kopi terbesar dan terlengkap di Indonesia, Delta Coffee Roaster selalu memberikan konsistensi kualitas kopi untuk para penikmat kopi. Delta Coffee dikenal sebagai kopi yang terbuat dari biji kopi pilihan dan berkualitas. Di roasting dengan tingkat kematangan yang pas, menghasilkan produk kopi berkualitas yang sudah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis kopi di seluruh Indonesia.

Delta Coffee Roaster menyediakan berbagai jenis kopi pilihan berkualitas mulai dari kopi arabika, kopi robusta, hingga kopi blend. Gak heran jika banyak cafe, resto ternama di Indonesia memilih Delta Coffee Roaster.

Baca juga: 7 Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia

Nah buat kamu yang sedang mencari kopi terbaik dan punya karakteristik unik dan bisa diseduh menggunakan Chemex atau V60 bisa banget deh cari di Delta Coffee Raoster. Kami punya tim berpengalaman dan ahli untuk merekomendasi kopi mana yang cocok untuk metode seduh Chemex atau V60. Termasuk diantaranya adalah rekomendasi pemilihan grind size kopi yang tepat untuk alat manual brew tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Select an available coupon below
Website ini telah menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman Anda.